Dahsyatnya Badai Matahari

20 Mar 2012

Munculnya badai matahari yang menghempas bumi pada Kamis 8 Maret 2012 beberapa yang lalu namun tidak terjadi efek terhadap keberadaan bumi bahkan nyatanya bumi tempat kita berpijak tenag-tenang saja, tak sejengkal tanah pun yang hancur. Itu karena adanya medan magnet bu mi yang membentengi sebagai perisai. Badai mataharti tersebut merupakan yangn terbesar dalam lima tahun terakhir menerjang bumi, Menurut pakar antariksa Amerika Serikat, dua letusan besar terjadi di permukaan matahari pada Selasa 6 Maret 2012 tengah malam waktu Amerika Se rikat. Letusan itu menyemburkan gelombang plasma dan partikel ke bumi. Setelah menempuh kecepatan 4 juta mil/jam di ruang angkasa, sem buran gelombang dan material yang disebut coronal mass ejection (CME) tersebut menerpa bumi.

CME itu menyentuh bumi pada Kamis (8/3) pagi pukul 05.45 EST atau pukul 17.45 WIB Kamis petang. Semburan CME tidak menerpa bumi se cara langsung, tapi hanya menimbulkan sekilas hempaan dan partikel-partikelnya akan terus berinteraksi dengan medan maknet selama seha rian. Tak bisa dibayanngkan apabila semburan CME langsung menerpa bumi, ionipasti bumi mengnalami kekacauan yang sangat dahsyat, karena CME ini daya rusaknya sangat tinggi yang bisa merusak sistem telekomikasi, satelit, sember listrik dan perangkat penunjuk arah atau GPS selama 24 jam.

Sebagaimana telah dirilis dalam situs wiwkipedia, badai matahari terjadi pertama kali melanda bumi pada 1 September 1859. Namun pada saat itu tidak terlalu berdampak karena kehidupan di masa itu belum bergantung banyak pada energi listrik. Baru pada kejadian kalil mkedua di Quebec pada 13 Maret 1989, 6 juta orang harus hidup tanpa listrik selama 9 ja. Padahal puncaak ledakan solar stom jika mengenai bumi bisa mencapai lebij dari dua hari.


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post