2010 Tahun Mematikan

8 Mar 2012

Tahun 2010 yang lalu oleh para ilmuwan disebut sebagai tahun bencana. Gempa bumi, gelombang panas, gunung meletus, anngin topan, badai salju, tanah longsor, dan kekeringan telah menwaskan setidaknya seperempat juta orang sepanjang tahun tersebut. Besarnya jumlah korban te was, tahun 2010 merupakan tahun paling mematikan lebih dari ssatu generasi. Lebih banyak manusia tewas di seluruh dunia akibat bencana alam dibanding korban tewas akibat serangan terorisme dalam 40 tahun terakhir ini. Bencan-bencana dahsyat datang silih berganti dan secara bergelombang. Semua perubahan alam yang terjadi adalah akibat ulah manusia. Gempa bumi yang terjadi di Haiti pada bulan Januari 2010 yang merenggut labih dari 220.000 orang salah satu contoh nyata. Jumlah penduduk Port-au-Prince, ibu kota negara, melonjak tiga kali lipat dibanding 25 tahun silam. Sebagian besar mereka hidup miskin dan tinggal di daerah pemukiman yang kumuh di gubug-gubug sederhana.

Pada bulan Februari 2010 terjadi gempa bumi yang getetarannya 500 kali lebih kuat ketimbang gempa yang melanda Haiti mengguncang sebuah kawasan di Cile yang berpenduduk lebih sedikit dan memiliki bangunan yang lebih kuat menewaskan tak lebih dari 1.000 orang. Pada musim panas sepanjang tahun 2010, adalah sebuah perubahan sistem cuaca akibat terjadinya pemanasan global, di Rusia terjadi badai panas sedangkan jauh disebelah selatan negara tersebut di Pakistan terjadi banjir bandang yang menewaskan sedikitnya 17.000 orang.
Cuaca ekstrim yang mendominasi sepanjang tahun 2010 merupakan tanda pemansan global akibat ulah manusia. Peristiwa-peristiwa peruba han cuaca ekstim tersebut tidak akan terjadi jika tidak ada pemanasan global.

Ketika Haiti diguncang gempa hebat, Rusia diterjang gelombang panas, dan Pakistan dilanda terjang banjir bandang, beberapa belahan duni lainnya juga dilanda bencana yang tak kalah dahsyatnya dan tak kalah parahnya. Cile, Turki, China, dan Indonesia diguncang gempa hebat dalam salah satu tahunseismik paling aktif dalam beberapa dasawarsa terakhir. http://empat-sehat.blogspot.com

Bumi murka akibat kebijakan manusia pengambil keputusan yang tanpa dilandasi dengan kepedulian terhadap lilngkungan. Kebijakan-kebi jakan pembangunan justru tidak mellindungi bumi, justru mereka menciptakan kondisi-kondisi di mana bencana alam akan menjadi berdam pak lebih parah lagi dari pada seharusnya.


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post