Ancaman Badai Matahari

13 Jul 2011

Matahari merupakam pusat peredaran planet-planet tata surya bima sakti, sebagai simber energi terbesar bagi makhuk hidup di alam semesta. Ener yang dihasilkan adalah dari reaksi termonuklir untuk mengubah hidrogen menjadi helium yang terjadi di dalam perut matahari. Suhu diba gian pusat matahari terdiri dari gas yang berkerapatan 100 kali kerapatan air di bumi suuhhunya menapai 15 juta derajat Celsius.

Di dalam perut matahari terjadi rotasi dan aliran massa atau konveksi yang mempengaruhi magnetnya. Pada aktifitas tinggi, gaya magnet ini bisa terpelintir atau berpusar hingga menembus permukaan matahari yang membentuk “kaki-kaki” yang tampak sebagai bintik hiutam, setelah bebera
pa hari pelintiran magbetik itu terpecah menjadi beberapa pelintiran libih tipis. Masing-masing bergerak melintasi perumukaan ke berbagai arah sampai menghilang.

Seperti di bumi, di permukaan matahari pun terjadi badai yang terjadi di daerah komosfir dan korona. Beberapa badai matahari juga muncul keti ks terjadi ledakan cahaya atau Flare. Flare adalah ledakan besar di matahari yang disebabkan oleh karena rekone ksi garis-garis gaya magnetik yang keluar dari permukaan matahari (seperti hubungan singkat pada rangkaian listrik). Daerah tempat terjadi flare bertemperatur lebih tinggi sehingga tampak lebih terang dari sekitarnya. Ketika flare muncul, terjadi pelepasan sejumlah besar energi.

Bintik matahari menunjukkan terjadinya perubahan kondisi maknetik matahari. Meningkatnya jumlah bintik matahari ini biasanya disertai terjadinya ledakkan matahari (flare), semburan gas matahari matahari, dan lontaran material korona. Korona menyebarkan awan partikel ke berbagai arah selama 12 jam. Awan partikel ini akan menimbulkan pengaruh bagi kehidupan bumi dalam skala ringan beberapa hari kemudian. Pada tahun 2013 yang akan datang diperkirakan jumalah bintik matahari mencapai 90 bintik per bulan. Jumlah ini lebih kecil dibandingkan dengan puincak aktifitas matahari pada tahun 2000-2002 yang mencapaia aa110-120 bintik per bulan.


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post