Puasa Membawa Nikmat

25 Aug 2009

foto0134
Pada 3 hari pertama awal puasa memang terasa berat dan banyak godaan> kepala pising, badan lemah, letih,lunglai, belum lagi perut merasa mulas, dan yg pasti sungkan untuk melakukan aktivitas apapun, tetapi di balik itu semua ternyata puasa itu banyak manfaat dan hikmahnya untuk kesehatan tubuh. :)
Ditinjau dari kesehatan fisik dan kejiwaan, puasa ramadhan itu di bagi dlm 3 etape, yaitu 1)*etape 10 hari pertama, 2)*etape 10 hari kedua, dan 3)*etape 10 hari ketiga.
Untuk aspek fisik :

10 hari Pertama : pada thp ini merupakan fase penggelontoran sisa2 makanan yg tidk baik bagi kesehatan tubuh. Kadar kolesterol menjadi berkurang, korelesterol jahat LDL yg tinggi menjadi turun, sementara kolesterol HDL yg rendah menjadi tinggi, berat badan mulai menurun. Pada tahap ini merupakan tahap rahmat dari Allah SWT.

* Sepuluh Hari Kedua : proses penggelontoran mulai berkurang, mulailah preses peremajaan sel2 yg rusak yg selama setahun untuk bekerja, minim istirahat. Tubuh mulai menuju keseimbangan. Allah memberi ampunan dengan meremajakan (memulihkan ) kembali bagian2 tubuh yg rusak sehingga kita akan semakin enak beraktivitas, bekerja, dan beribadah tentunya1:)

* Sepuluh Hari Ketiga
Tubuh mulai mencapai keseimbangan. Yg menarik pada fse ini adalah berat badan akan menyesuaikan tinggi badan normal. Apabila berat badan melebihi berat edeal, sudah dipastikan berat badan akan bertambah terus :(
Sungguh Allah memberikan nikmat kepada hambanya yg berpuasa dng baik dan benar menurut agama Islam!! :)

* Se[puluh Hari Pertama >
Fase ini merupakan peggelontoran penyakit hati seperti : suka berbohong, menipu, pemarah, pembenci, pendendam, sombong, berkhianat, dan suka iri, dampaknya adalah kebersihan hati, kebersihan jiwa, dan kelembutan hati.

* Sepuluh Hari Kedua >
Dengan puasa batin, tidak melakukan pemikiran, perbuatan, dan perkataan yg kotor, jahat, dan jelek, maka Allah akan senantiasa memberikan ampunan kepada kita :)

*Sepuluh Hari Ketiga>
Dua puluh hari pertama telah terlampaui, sampailah pada fase 10 hari terakhir, hati kita telah sampai pada tataran kesabaran yg kekal, kita akan mampu menikmati nikmat yg telah Allah curahkan kepada kita yaitu mampu mengendalikan hawa nafsu karena Allah SWT. :)


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post